Didalam excel terdapat beberapa fungsi yang berguna untuk kita gunakan dalam membuat database. Contohnya seperti fungsi Daverage, fungsi Dcount, fungsi Dget, fungsi Dmax, dan fungsi Dsum. Khusus di postingan ini saya akan membahas mengenai fungsi Dcount beserta contoh penggunaan'nya.
Fungsi Dcount merupakan sebuah fungsi database pada excel yang dapat kita gunakan untuk menghitung cell-cell yang berisi angka dalam kolom rekaman dari daftaran atau database yang cocok dengan syarat yang sudah kita tentukan sendiri.
Cara menggunakan fungsi Dcount yaitu dengan rumus seperti ini =DCOUNT(database,field,criteria)
Keterangan rumus diatas adalah sebagai berikut:
- Database adalah rentang cell yang membentuk daftar atau database. Database juga bisa disebut daftaran dari data yang terkait dimana baris-baris informasi terkait adalah rekaman, dan kolom-kolom data adalah bidang. Baris pertama daftar tersebut berisi label untuk masing-masing kolom.
- Field menunjukan kolom yang digunakan dalam fungsi tersebut. Masukan label kolom yang dimasukan diantara dua tanda kutip ganda seperti "Umur" atau "Hasil", atau angka (tanpa tanda kutip) yang menyatakan fungsi kolom dalam daftar seperti, 1 untuk kolom pertama, 2 untuk kolom kedua dan seterusnya.
- Criteria adalah rentang cell berisi syarat yang anda tentukan sendiri. Anda dapat menggunakan rentang untuk argumen kriteria, selama meliputi setidaknya satu label kolom dan setidaknya satu cell dibawah label kolom, dimana anda menentukan kodisi untuk kolom tersebut.
Fungsi Dcount memiliki ketentuan sebagai berikut:
- Pastikan bahwa rentang kriteria tidak tumpang tindih dengan daftar.
- Untuk melakukan operasi diseluruh kolom dalam suatu database/daftaran, masukan baris kosong dibawah label kolom dalam rentang kriteria tersebut.
- Anda dapat menggunakan rentang apa saja untuk argumen kriteria, selama meliputi setidaknya satu label kolom dan setidaknya satu cell dibawah label kolom, dimana anda menentukan kondisi tersebut.
- Sebagai contoh jika rentang G1:G2 berisi label kolom pendapatan dalam G1 dan jumlah $10.000 di G2, anda dapat menetapkan rentang tersebut sebagai "Matchincome" dan menggunakan nama itu sebagai argumen kriteria dalam fungsi tersebut.
- Meskipun rentang kriteria dapat ditempatkan dimanapun pada lembar kerja, tapi jang tempatkan rentang kriteria dibawah daftar tersebut. Jika anda menambahkan lebih banyak informasi ke daftar, informasi baru itu ditambahkan ke baris pertama dibawah daftar tersebut. Jika baris dibawah daftar tersebut tidak kosong, Microsoft Excel anda tidak dapat menambahkan informasi baru.
Terlihat pada gambar, bahwa pada fungsi Dcount dapat digunakan untuk menghitung jumlah cell yang sesuai kriteria sehingga didapatkan hasil bahwa Philip itu ada 2 cell.
Demikianlah tadi pembahasan mengenai Fungsi Dcount Untuk Menghitung Berapa Jumlah Cell Pada Excel. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar